PENUGASAN SEKOLAH NUSANTARA 2020

 

Nama               : Agnesia Indah Safara

Kelompok       : HOS Cokroaminoto

 

Sistem Ekonomi Pancasila, Sudah Tepatkah untuk Indonesia?

 

            Sistem ekonomi adalah cara yang dipakai oleh suatu negara untuk menyelesaikan atau menghadapi masalah dalam bidang ekonomi. Setiap negara memiliki sistem yang berbeda-beda, tergantung dari situasi dan kondisi yang sedang terjadi pada negaranya. Fungsi sistem ekonomi secara umum adalah sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi, mengkoordinasi kegiatan individu dalam suatu perekonomian, sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat agar dapat terlaksana seperti yang diharapkan dan menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik. Lantas bagaimana keadaan ekonomi Indonesia dengan menerapkan sistem ekonominya? Apakah sudah maksimal? Atau perlu direvisi dan diganti?

            Sistem perekonomian yang diterapkan oleh Indonesia adalah sistem perekonomian Pancasila. Sistem pancasila dipilih untuk diterapkan di negara kita karena di dalamnya terdapat makna demokrasi. Barang-barang yang dianggap sangat penting bagi eksistensi negara dan dibutuhkan banyak orang tidak boleh diserahkan pada pihak swasta. Negara dapat membuat kebijakan, mengurus, mengatur, mengelola, dan mengawasi produksi strategis tersebut. Jika kekayaan tersebut dibiarkan begitu saja jatuh pada pihak yang salah maka kemakmuran masyarakat dalam memanfaatkan kekayaan tersebut sulit terwujud. Ekonomi Indonesia kini banyak ditopang oleh industri dan perdagangan, dengan fokus mayoritas di sektor ekspor. Mungkin itu sebabnya pula sekarang Indonesia didorong untuk memasuki industri 4.0 dan banyak wirausaha yang bermunculan.

            Kelebihan dari sistem ekonomi Pancasila ini antara lain, adanya kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi selama tidak mengganggu kepentingan masyarakat, perekonomian nasional diutamakan untuk kemakmuran rakyat, pengelolaan perekonomian berjalan secara kolektif atau bersama-sama untuk mencapai kemakmuran bersama, hak milik individual diakui oleh negara selama pemanfaatannya tidak bertentangan dengan kepentingan umum. Adapun kekurangannya antara lain, perekonomian cenderung berjalan kurang efisien karena sistem ini mengutamakan proses demokrasi yang membutuhkan waktu, proses pengambilan keputusan ekonomi berlangsung lambat karena harus diselaraskan dengan kepentingan bersama, adanya dominasi negara dalam pengelolaan perekonomian berpotensi meredam dan ‘membunuh’ daya kreasi dan inovasi masyarakat.

            Sistem ekonomi Pancasila ini memiliki kekuatan dan daya saing yang tidak kalah dengan negara lain apabila Indonesia memang benar-benar mampu menerapkannya dalam kehidupan ekonomi negaranya. Namun tidak bisa dipungkiri, bukan hal mudah untuk menerapkan kebijakan yang besar dan Tangguh seperti ini. Apalagi sistem ekonomi ini berada di tengah, bukan memihak sistem ekonomi kapitalis atau liberal. Perlu kebijakan fiscal dan non-fiscal yang matang agar bisa mempertahankan kestabilan.

            Indonesia sebagai negara berkembang, tentu mengalami kesulitan dalam menerapkan beberapa kebijakan dalam rangka mengimplementasikan sistem ekonomi Pancasila. Masih banyak rakyat Indonesia yang hidup dibawah rata-rata dan itu menjadi salah satu tantangan Indonesia. Belum lagi tingkat pertumbuhan penduduk di Indonesia yang tergolong tinggi dan sekarang dalam masa pandemi. Bayang-bayang resesi menghantui tingkat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

            Kembali lagi pada poin awal, jika Indonesia bisa benar-benar menerapkan sistem ekonomi Pancasila secara maksimal tentu akan menjadi salah satu terobosan baru tentang sistem ekonomi. Bukannya memihak kapitalis atau liberal. Namun dengan bijak, mengambil jalan tengah dan berhasil. Ini membutuhkan kerja sama dari pemerintah serta masyarakat demi mencapai kehidupan ekonomi yang lebih mapan dan stabil.

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/veealfi/5815a58bf97a61841f7c38ef/sistem-ekonomi-yang-tepat-untuk-negara-tercinta#:~:text=Indonesia%20lebih%20tepat%20menggunakan%20sistem,maka%20akan%20menambah%20memiskinkan%20masyarakat.

Komentar